“711” Memaknai Pitulungan Dan Kawelasan (?)

image
Hari ke 7 (tujuh) tantangan #NulisRandom2015 dari Komunitas #NulisBukuComunity

ZowLow – Setiap kata mengandung arti, setiap makna mengandung maksud, setiap nama mengandung do’a, begitulah orang-orang tua dahulu dalam memberikan sebuah nama selalu mempunyai maksud tujuan dan tentunya do:a.

Apalah artinya sebuah nama bagi mereka tidak ada, setiap nama ada do’a, pasti itu! Lho kenapa sih demikian (?) tidak ada keterangan secara khusus tentang jal ini akan tetapi dari tuturan dari mulut ke mulut memanglah demikian (?).

Adalah salah satu yang menjadi perhatian saya adalah memberi nama dengan angka semisal 711 pada salah satu brand bakpia makanan khas Jokja, belum banyak yang tahu tentang brand 711 ini apa maksudnya. Menurut sang pemilik brand menyatakan ini adalah do’a 7 berarti “pitu” (jawa) bermakna Pitulungan 11berarti “sewelas” (jawa) sehingga ketika digabungkan menjadi “nyuwun pitulungan lan kawelasan gusti Allah” meminta pertolongan dan perlindungan Allah SWT.

Memaknai lain dari angka-angka ber217an berdua satu tujuan untuk kawula muda, atau angka 9 yang memaknai keberhasilan atau 1 sebagai ratu. Wallahua’aklam bisowab terserah siapa yang akan memaknai dari angka – angka.

Masih banyak nama nama angka mengandung do’a, ya moment hari ke 7 tantangan ini menjadikan aku untuk berdo’a mohon “pitulungan” kepada Allah untuk kuat sampai tuntas menerima tantangan #NulisRandom2015.

Begitu banyak ruang dan gagasan begitu mandek… lama… mengulang kembali gagasan yang belum tertuang dalam tulisan, hemmm penulis baru atau baru penulis, semoga Allah memberi (7) SENJATA PITULUNGAN!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SELAMAT DATANG DI FSP KEP KSPI KARANGANYAR

IKRAR FSP KEP