Musrenbang salah satu pintu untuk menyuarakan kepentingan kita (?)

Serikat pekerja/ buruh sebagai bagian masyarakat sipil tentunya harus dapat terlibat dalam menentukan arah kebijakkan pemerintah baik itu dipemerintah lokal dan pemerintah pusat. Mengapa harus terlibat? Untuk menentukan arah kebijakkan tentang ketenagakerjaan tentunya serikat pekerja/ buruh sendiri yang dapat mengerti akan apa yang menjadi kebutuhan mereka sendiri.

Apa itu musrenbang?
Musyawarah Perencanaan Pembangunan adalah musyawarah dalam rangka proses pembahasan, penilaian dan penentuan priroritas usulan rencana pembangunan yang melibatkan berbagai komponen masyarakat, dunia usaha, dan pemerintah untuk merumuskan pembangunan.

Maksud dan tujuan musrenbang
Musrenbang dimaksudkan sebagai forum musyawarah perencanaan pembangunan yang mengakomodasi peran-peran segenap komponen masyarakat, sebagai media koordinasi, komunikasi dan konsultasi program pembangunan dengan fokus pada realisasi kebutuhan masyarakat secara nyata. Sedangkan yang menjadi tujuannya adalah membahas, menilai dan menyepakati prioritas kegiatan pembangunan sesuai dengan Renja SKPD/ Rencana Kerja Satuan Kerja Pemerintah Daerah yang telah dikomplikasi dengan hasil musrenbang tingkat sebelumnya, menghasilkan konsesus, komitmen, kesepakatan dan kemitraan antara pemerintah dengan pelaku pembangunan, mewujudkan kualitas perencanaan perencanaan pembangunan dengan lebih meningkatkan kemampuan mengakomodir aspirasi masyarakat, memberdayakan masyarakat dan memberdayakan sumber daya lokal.

Sasaran pelaksanaan musrenbang pada umumnya
Penetapan arah kebijakkan prioritas pembangunan pagu indikatif pendanaan SKPD, rancangan alokasi dana desa, serta informasi mengenai kegiatan yang pendanaan berasal dari APBD, APBN, dan sumber pendanaan lainnya, serta terwujudnya Rancangan Rencana Kerja Pemerintah yang akan menjadi rujukan utama penyusunan RAPB.

Dimanakah peran serikat pekerja/ buruh
Sebuah PRSP untuk negara adalah kunci dari banyak kebijakan dan keputusan-keputusan program, ini akan menentukan kerangka kerja bagi pembuat keputusan untuk beberapa tahun kedepan dalam kebijakan ekonomi makro dan kebijakan, program pemerintah dan prioritas pengeluaran dana. Misalnya ini akan mencakup perdagangan dan swasta juga dengan inisiatif inisiatif keadilan sosial. Keputusan keputusan ini akan berpengaruh langsung terhadap SP/SB dan anggotanya. Menciptakan pekerjaan yang layak adalah sentral untuk mengurangi kemiskinan. SP/SB mempunyai pengetahuan dan pengalaman dalam dunia kerja. Mereka dapat menggunakan ini untuk membantu mengembangkan strategi terbaik bagi terciptanya pekerjaan pekerjaan yang layak. Pemerintah harus berkonsultasi dengan SP/SB tentang hal yang berhubungan dengan hubungan industrial dan yang berhubungan dengan perburuhan. Disinilah peran serikat pekerja/ buruh sangat menentukan, tidak serta merta apa yang kita suarakan akan menjadi kebijakkan pemerintah memang, akan tetapi perlu diingat kita menyuarakan kepentingan kita ini langsung dengan para pengambil keputusan sehingga apa yang menjadi agenda kita didengar langsung para pengambil kebijakan.
Bagaimana menurut anda (?)

oleh : Eko Supriyanto
tulisan ini dan yang lain dapat dilihat di http://dpcfspkepkspikaranganyar.blogspot.com/ atau di http://ekosupriyantospkep.wordpress.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

“711” Memaknai Pitulungan Dan Kawelasan (?)

SELAMAT DATANG DI FSP KEP KSPI KARANGANYAR

Bisa Berimbas PHK Massal, Buruh Garmen dan Tekstil di Karanganyar Juga Tolak Kenaikan BBM