Dari Tempat Kerja Menuju Pekerjaan yang Layak (2) Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR)

Setelah kita mengetahui standard ketenagakerjaan yang menjadi dasar dari code of conduct bagi seluruh management perusahaan seluruh dunia tidak terkecuali termasuk Indonenesia yang telah meratifikasi standard-standard ketenagakerjaan, kita perlu juga mengetahui mengenai tanggung jawab social perusahaan. Perdagangan internasional telah mewajibkan bagi seluruh perusahaan didunia untuk mengimplementasikan code of conduct yang dalamnya diantaranya mencakup standard ketenagakerjaan dimana perusahaan itu berada, Issu Hak azazi manusia, perlindungan lingkungan dengan penerapan ISO 14000, Kepatuhan dan tata kelola, serta konsumen dan masyarakat sekitar.  

Di dalam masyarakat sekarang ini CSR dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan menjadi semakin penting, Peranan dan tanggung jawab perusahaan sebagai Komponen masyarakat harus dapat memuaskan masyarakat itu sendiri

Isu Utama CSR untuk Pekerja dan Serikat Pekerja

1. Hak azazi manusia

Sebagaimana halnya dalam kehidupan dialam demokrasi sekarang ini ini issu-issu tentang hak azazi manusia akan menjadi hal yang sangat penting sekali. Diantara issu-issu itu diantaranya tentang kebebasan berserikat, pencapaian kehidudupan yang layak bagi kemanusian dan lain-lainnya.

2. Standard Ketenagakerjaan

Sebagai standard utama ketenagakerjaan telah ditulis dibagian (1) tulisan ini, diantaranya Kebebasan Berserikat dan Negosiasi Kolektif, Larangan Kerja Paksa, Penghapusan Pekerja Anak, Penghapusan Diskriminasi dalam Hubungan Kerja dan Pekerjaan.

Mewujudkan CSR untuk Pekerja

Serikat pekerja dapat mewujudkan CSR untuk pekerja melalui dialog buruh – manajemen, ada dua saluran efektif untuk menyampaikan dialog ini yaitu melalui Negosiasi Kolektif dan Sistem Konsultasi Buruh – Manajemen.

Lalu yang menjadi pertanyaan berikutnya, Apa yang paling penting Anda harus lakukan untuk dapat mewujudkan pekerjaan yang layak ditempat kerja Anda Sendiri(?)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

“711” Memaknai Pitulungan Dan Kawelasan (?)

SELAMAT DATANG DI FSP KEP KSPI KARANGANYAR

Bisa Berimbas PHK Massal, Buruh Garmen dan Tekstil di Karanganyar Juga Tolak Kenaikan BBM