membangun perencanaan strategis perjuangan serikat pekerja/ buruh (3)

langkah berikutnya setelah kita bisa dapat menganalisis situasi lingkungan SP/SB dan perubahan yang sedang berlangsung di organisasi dan kita dapat menganalisis tantangan dan peluang SP/SB ke depan adalah kita merumuskan visi dan misi organisasi.

Ide pokok dari penerapan metode perencanaan strategis ialah untuk mendapatkan kesimpulan apa yang harus dilakukan sebuah organisasi untuk menjawab tantangan dihadapi dengan modal peluang yang dimiliki. Termasuk di dalamnya adalah tujuan yang ingin diraih, metode umum untuk meraih tujuan tersebut, dan strategi yang dibutuhkan. Pada situasi tertentu, dalam merumuskan perencanaan sebuah organisasi perlu memperbaruhi filosofi strategisnya, termasuk visi dan misinya. Misi biasanya dirumuskan dalam kalimat singkat yang menggambarkan tujuan organisasi.

Misi dapat membatu menjaga organisasi tetap fokus pada bidang garapan utamanya. Kadang, organisasi terlibat dalam semua jenis aktivitas yang sesungguhnya tidak relevan dengan bidang garapan pokoknya. Menentukan misi dapat membantu SP/SB menfokuskan diri pada konstituen yang diwakilinya dan apa yang ingin dicapai. Misi juga berfungsi untuk mengkomunikasikan apa yang ingin dicapai oleh SP/SB ke anggota dan calon anggota.

Berikut ini beberapa contoh misi dari organisasi SP/SB :

Trade Union Congress, UK

The TUC is the voice of Britain at work. With more than 70 member unions representing 7 million working people from all walks of life, we campaign for a fair deal at work and for social justice at home and abroad.

TUC adalah suara pekerja Inggris. Dengan anggota 70 serikat pekerja yang mewakili 7 juta pekerja semua sektor, TUC memperjuangkan perjanjian yang adil di tempat kerja, dan keadilan sosial di rumah dan mana saja.

Graphical, Paper & Media Union, UK

GPMU adalah serikat pekerja terbesar di dunia dengan anggota 200.000 pekerja dari industry penerbitan, kertas, percetakan, IT, dan media di Inggris dan Irlandia. GPMU memiliki reputasi tak tertandingi dalam mewakili kepentingan pekerja. Kami memiliki perjanjianperjanjian berskala nasional dengan asosiasi pengusaha mengenai semua isu pekerja dan kami memiliki tim pakar kelas dunia untuk membantu persoalan pekerja. Dengan lebih dari 200 pekerja penuh di 60 kantor perwakilan, bantuan profesional kami selalu tersedia ketika dibutuhkan.

T and G

T and G –memperjuangkan hak-hak anda

ASPEK Indonesia

Union member-Global player

Dan masih banyak lagi contoh contoh visi-misi yang dituangkan dalam pelbagai management perusahaan untuk merespon kebutuhan pasar. Jadi jangan tunda lagi untuk merespon kebutuhan dan tantangan jaman untuk mengikuti system management modern salah satunya visi dan misi organisasi.

So bagaimana dengan serikat pekerja anda?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

“711” Memaknai Pitulungan Dan Kawelasan (?)

SELAMAT DATANG DI FSP KEP KSPI KARANGANYAR

Bisa Berimbas PHK Massal, Buruh Garmen dan Tekstil di Karanganyar Juga Tolak Kenaikan BBM