Buruh di Jateng Demo Tuntut Revisi UU BPJS


KARANGANYAR - Puluhan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Karanganyar, Jawa Tengah menggelar aksi unjuk rasa menuntut revisi ketentuan tentang jaminan sosial masyarakat, terutama perpres no 12/2013, di depan Rumah Dinas Bupati Karanganyar. 

Pantauan Okezone, mereka menolak perserta jaminan kesehatan hingga 2019 didesain oleh pemerintah. Pasalnya, dalam Undang-undang telah diatur seluruh rakyat Indonesia wajib mendapatkan Jaminan kesehatan.

Ketua KSPI, Karanganyar, Jawa Tengah, Eko Supriyanto mengatakan secara spesifik, payung hukum yang ditentang tersebut adalah peraturan pemerintah (PP) Nomor 101 tahun 2012 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan Perpres Nomor 12 tahun 2013 tentang tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

"Menjadikan badan hukum BPJS hanya badan hukum saja yang tanggungjawabnya dibawah pemerintah,akibatnya dana yang masuk ke BPJS menjadi milik pemerintah padahal BPJS ini milik publik sehingga BPJS kesehatan harus berbadan hukum publik," jelas Eko Supriyanto,di sela aksi demo,di Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (10/4/2013).

Menurut Eko,aksi ini upaya dari buruh untuk mendapatkan hak-hak jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Termasuk desakan menghapus Outsourcing serta menolak upah murah yang telah ditetapkan pemerintah daerah. Sebab, UMK di Kabupaten Karanganyar yang memiliki sektor industri jauh lebih banyak dibandingkan Gunung Kidul,namun prakteknya, UMK yang ditetapkan jauh lebih tinggi Gunung Kidul yang tidak memiliki sektor Industri.

"Didasari fakta rata-rata KHL di Jabotabek saja angkanya sudah mencapai Rp1,6-Rp 1,7 juta termasuk di luar Jabotabek Rp1,2-Rp 1,4 juta. Sedangkan di Jawa Tengah UMK dibawah Rp1 juta masih kalah dengan Gunung Kidul yang UMK-nya lebih tinggi, meski Gunung Kidul tidak memiliki Industri," paparnya.

Dalam aksi yang mendapatkan pengawalan ketat aparat Dalmas Polres Karanganyar, para buruh juga mengancam akan menggelar aksi demo besar-besaran dan mogok massal jilid II bila aspirasinya tidak diperhatikan. (wan) (wdi) (okezone.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

“711” Memaknai Pitulungan Dan Kawelasan (?)

SELAMAT DATANG DI FSP KEP KSPI KARANGANYAR

IKRAR FSP KEP