Memaknai Tahun Baru, Tahun Resolusi Kerja

saat ini menjelang pergantian tahun 2014, adakah yang istimewa ditahun ini, adakah asa, adakah kemajuan, adakah lompatan quantum disana baik itu dari segi spiritual atau dari segi materi (?)

sebagai bagian gerakkan buruh adakah yang memaknai pergantian tahun untuk mengevaluasi kinerja organisasi(?) target apa yang sudah dilaksanakan dan apa yang belum tercapai (?) ataukah kawan-kawan akan ikut hiruk pikuk perayaan tahun baru dengan keliling kota menghabiskan bahan bakar ditanki motor dan mobil anda (?)

salah satu contoh "targetan" gerakan buruh setiap tahunnya selalu berbicara upah, ya upah minimum kabupaten/ kota, terlalu naif kalau kita selalu berbicara upah minimum setiap tahunnya, adakah yang mau berbicara "targetan" yang lebih luas lagi dari gerakan buruh bukan sekedar upah minim, kalau pola pikir kita minim ya akan menjadi selamanya (?)

berbicara sebuah pergerakan adalah sebuah agen perubahan, pergerakan buruh secara lebih luas bisa dimaknai bagaimana sebagai masyarakat kelas pekerja/ buruh bisa merubah tatanan negara khususnya perihal perburuhan.

membagun kesadaran kelas buruh sebagai agen perubahan dalam negara bukan hal yang mustahil bisa dilakukan oleh para buruh yang dikelola para pimpinan serikat pekerja.

ketika buruh berbicara bipartit antara pekerja dan pengusaha apalah artinya seorang pekerja(?) namun setelah dikoordinir secara masif oleh pimpinan serikat sekarang ini issu perburuhan sudah menjadi "issu publik" dan bahkan dibeberapa kabupaten / kota telah membawa issu perburuhan menjadi issu politik dengan jargon mereka "go politic" dan bisa menggolkan wakil dari mereka menjadi wakil rakyat/ DPRD.

ada lagi pandangan bagaimana masyarakat kelas pekerja bisa "go economic" artinya bagaimana mereka bisa bisa membuat jaringan usaha/ bisnis dari dan untuk kalangan mereka, membangun pabrik-pabrik yang mereka jalankan sendiri tanpa perlu pengusaha ya pengusaha mereka sendiri kaum pekerja. kita beli itu media-media besar untuk litigasi dan propaganda kerja kita.

dalam sekala lebih luas lagi bagaimana kita bisa merebut kekuasaan dari tangan-tangan borjuis kaum pemodal dan kelola oleh kelas pekerja (?) dan negara akan dikelola oleh masyarakat pekerja!

ketika kita kembali berbicara memaknai pergantian tahun 2014 ke 2015 adakah resolusi besar untuk perubahan pergerakan pekerja/ buruh Indonesia. marilah dengan momentum pergantian tahun ini saya mengajak kawan-kawan kelas pekerja untuk membagun resolusi besar perubahan pergerakkan buruh Indonesia!

salam solidaritas!

oleh : Dab Penyo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

“711” Memaknai Pitulungan Dan Kawelasan (?)

SELAMAT DATANG DI FSP KEP KSPI KARANGANYAR

Bisa Berimbas PHK Massal, Buruh Garmen dan Tekstil di Karanganyar Juga Tolak Kenaikan BBM