Demo Buruh


MANTEB.com -  
Puluhan buruh Karanganyar yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menggelar aksi unjuk rasa di depan rumah dinas bupati. Berbeda dengan aksi lainnya kali ini buruh menceritakan penderitaan akibat rendahnya upah.
Karena kesal tidak pernah ada perubahan, puluhan buruh Karanganyar ungkapkan penderitaan hidup dengan simbolis motor butut pada aksi demo di depan rumah dinas bupati setempat. Dengan detail buruh menguraikan bagaimana upah minimum kabupaten sebesar 896.000 rupiah per bulan akan mampu menutup kebutuhan hidup sedangkan untuk makan saja sudah pas. Pada aksinya, salah satu buruh menjelaskan sudah memakai sepeda motor lama buatan tahun 1982 namun dirinya baru membeli  sekitar 10 tahun lalu dan tragis sampai sekarang tidak bisa membeli motor karena UMK itu pas untuk makan saja belum lagi kebutuhan lainnya. Tak pelak buruh meminta Pemkab Karanganyar usulkan kenaikan upahnya menjadi setidaknya 1,2 juta.
Koordinator demo, Eko Supriyanto mengatakan sekarang ini keberanian Pemda ditunggu untuk memikirkan buruhnya karena mereka juga warga Karanganyar. Diakui atau tidak sistemoutsourcing sangatlah kejam terhadap nasib buruh. (Benny Suryono - Karanganyar) (manteb.com )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

“711” Memaknai Pitulungan Dan Kawelasan (?)

SELAMAT DATANG DI FSP KEP KSPI KARANGANYAR

IKRAR FSP KEP