Buruh Karanganyar Tuntut Revisi UMK

Karanganyar – Ratusan buruh dari berbagai elemen menggrudug Kantor Sekretaris Daerah Karanganyar, Rabu (20/11). Mereka menuntut revisi penetapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) dari Rp 1.060.000 menjadi Rp 1.129.000 sesuai kebutuhan hidup layak (KHL) Kabupaten Karanganyar.

Massa buruh yang sebelumnya berkumpul di Monumen Jaten kemudian bergerak menuju Kantor Setda dengan mengendarai sepeda motor. Sesampainya di Kantor Setda, masa buruh sudah dihadang puluhan aparat kepolisian yang bersiaga menutup pintu gerbang. Sempat terjadi aksi saling dorong pintu karena masa buruh memaksa masuk.

Menurut Bambang Sabat, Ketua DPP Serikat Pekerja Nasional, buruh kecewa dengan penetapan UMK yang jauh dari KHL Karanganyar. Mereka menuntut revisi UMK paling tidak setara dengan KHL

“Kami menuntut revisi UMK, kalau jumlah segitu untuk hidup seorang bujangan saja tidak cukup apalagi hampir semua dari kami sudah berkeluarga,” katanya.
Bambang menambahkan, jika Pemkab Kabupaten Karanganyar tidak segera merevisi, pihaknya akan kembali datang dengan masa yang lebih besar bahkan akan datang tiap hari.
“Kami akan datang kembali dengan masa yang lebih besar,” tegasnya [ timlo.net ]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

“711” Memaknai Pitulungan Dan Kawelasan (?)

SELAMAT DATANG DI FSP KEP KSPI KARANGANYAR

Bisa Berimbas PHK Massal, Buruh Garmen dan Tekstil di Karanganyar Juga Tolak Kenaikan BBM