Buruh Tuntut Penambahan Item KHL


KARANGANYAR (KRjogja.com) - Kalangan buruh Karanganyar mengirimkan surat ke Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) menuntut penambahan komponen perhitungan Kebutuhan Hidup Layak (KHL). Jika disetujui penambahan komponen perhitungan KHL, Upah Minimum Kabupaten (UMK) di eks-Karesidenan Surakarta mencapai kisaran Rp 3,81 juta.
  
Ketua DPC Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi Pertambangan Minyak Gas Bumi dan Umum (FSKEP) Eko Supriyanto kepada wartawan Senin (30/9) mengatakan, surat tuntutan penambahan item komponen perhitungan KHL itu telah dilakukan beberapa waktu lalu. Surat tuntuan tersebut juga telah diterima oleh Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit Nasional. "Menindaklanjuti surat tersebut, LKS Tripartit Nasional telah melakukan survei lebih lanjut," ujarnya. 

Menurut Eko, survei yang dilakukan oleh LKS Tripartit Nasional itu untuk mencermati kembali pengajuan penambahan komponen KHL. Dari sebelumnya hanya 60 item diusulkan penambahan hingga 84 item. "Jadi kami di daerah tinggal menunggu saja nanti hasil keputusannya seperti apa," jelasnya. 

Eko berharap penambahan komponen KHL menjadi 84 item bisa terealisasi secepatnya. Penambahan komponen yang diajukan tersebut sebenarnya tidaklah seberapa bila dibandingkan dengan total KHL yang jumlahnya mencapai 300-an item. "Bicara komponen KHL memang jumlah yang telah terakomodasi sejauh ini masih sedikit, yakni hanya 60 item saja," tandasnya. 

Adapun hasil survei mengacu pada 84 item komponen KHL yang diusulkan, maka UMK wilayah eks-Karesidenan Surakarta mencapai kisaran Rp 3,81 juta perbulan. Besaran nominal UMK itu adalah perhitungan untuk buruh yang masih berstatus lajang, belum berkeluarga. 

Sejumlah item penambahan komponen HKL, lanjut Eko, hanya seputar fasilitas kebutuhan buruh sehari-hari. Seperti, kipas angin, pulsa, iuran keamanan dan lain-lain. Kebutuhan dari sejumlah item itu selama ini memang belum pernah terakomodasi. "Jadi permintaan kami tidak muluk-muluk, hanya sebatas kebutuhan sehari-hari," tandasnya.(Sak) [ kr.co.id ]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

“711” Memaknai Pitulungan Dan Kawelasan (?)

SELAMAT DATANG DI FSP KEP KSPI KARANGANYAR

Bisa Berimbas PHK Massal, Buruh Garmen dan Tekstil di Karanganyar Juga Tolak Kenaikan BBM