Dari Masjid Kita Bangkit

“Dan sesungguhnya masjid-masjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorangpun di dalamnya di samping (menyembah) Allah”. (QS. Al Jin: 18)


Masjid mempunyai peran yang sangat penting dalam perkembangan dakwah dan penyebaran syiar-syiar agama Islam. disanalah tempat didirikan sholat berjama’ah dan berbagai kegiatan kaum muslimin. Seluruh manusia yang membawa perbaikan terhadap umat Islam ini, merupakan produk ‘jebolan pendidikan’ yang berawal mula dari masjid.

Keutamaan Masjid

Masjid merupakan sebaik-baik tempat, disanalah tempat peribadatan seorang hamba kepada Allah, memurnikan ibadahnya hanya untuk Allah semata. Dari Masjid-lah titik pangkal penyebaran tauhid. Allah telah memuliakan masjid-masjid-Nya dengan tauhid. Tidak ada tempat yang lebih baik dari pada masjid Allah di muka bumi.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam suatu ketika pernah ditanya, “Tempat apakah yang paling baik, dan tempat apakah yang paling buruk?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Aku tidak mengetahuinya, dan Aku bertanya kepada Jibril tentang pertanyaan tadi, dia pun tidak mengetahuinya. Dan Aku bertanya kepada Mikail dan diapun menjawab: Sebaik-baik tempat adalah masjid dan seburuk-buruk tempat adalah pasar”. (Shohih Ibnu Hibban)

Masjid Nur Hidayah

Adalah Masjid Nur Hidayah yang berdomisili di Dusun Jatimalang Palur Mojolaban merupakan bangunan paduan gaya arsitekture modern dengan masjid pada umumnya di perkampungan. Masjid yang rencananya dibangun 2 (dua) lantai yang saat ini baru selesai 1 (satu) lantai. Masjid kalau seukuran kampung memang sudah besar akan tetapi dengan semakin banyaknya umat yang melaksanakan kegiatan di Masjid dirasa masih kurang.

Dengan semakin banyaknya jamaah dan makmurnya masjid diharapkan semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan jamaah dilingkungan masjid dan menjadikannya pasar akhirat, tempat bertransaksinya seorang hamba dengan Allah. Di mana Allah telah menawarkan balasan surga dan berbagai kenikmatan di dalamnya bagi mereka yang sukses dalam transaksinya denganNya.

Secara singkat Masjid Nur Hidayah Jatimalang Palur merupakan tanah wakaf dari keluarga Bapak Sujono Hadi yang dalam perkembangannya dibangun dan direnovasi oleh segenap warga di Dusun Jatimalang Palur, dengan segala daya upaya walaupun sampai saat ini masih ada beberapa kekurangan, sampai saat ini Takmir Masjid masih menerima sumbangan dari para donatur untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan dakwah dan juga tentunya pengembangan fisik bangunan masjid.(untuk keterangan selanjutnya hubungi Takmir Masjid).

Kebangkitan umat muslim akan terbagun melalui melalui dakwah-dakwah dan dukungan dari masjid-masjid yang dibangun umat, Nah dari sinilah disadari atau tidak bahwa kebangkitan umat dan kebangkitan bangsa Indonesia akan bisa terealisasi memalui masjid, mengapa demikian? Terlampau banyak penjelasan yang memaparkan keutamaan masjid sebagai benteng utama kekuatan kaum muslimin. Perjalanan hidup para pendahulu kita telah membuktikannya. Bukankah seluruh para ulama yang membawa perbaikan terhadap agama Islam adalah para pecinta masjid. Imam Malik rahimahullahu mengatakan, “Tidak akan pernah baik generasi akhir umat ini kecuali dengan perkara-perkara yang dengannya telah menjadi baik generasi awal umat Islam (yaitu generasi sahabat)”

Maka apabila kita menghendaki kejayaan dan kemenangan kaum muslimin, maka hendaklah kita menempuh jalan yang ditempuh oleh Rasulullah dan para shahabat yang mereka senantiasa perhatian terhadap masjid-masjid mereka, memakmurkan masjid-masjid Allah dengan ketaatan kepada-Nya. Mulialah dari masjid kita membangun umat ini, DARI MASJID KITA AKAN BANGKIT.

Allahu A’laam bish showab.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

“711” Memaknai Pitulungan Dan Kawelasan (?)

SELAMAT DATANG DI FSP KEP KSPI KARANGANYAR

Bisa Berimbas PHK Massal, Buruh Garmen dan Tekstil di Karanganyar Juga Tolak Kenaikan BBM